Minggu, 02 Februari 2020

Memperbaiki komputer yang sering restart terus

Selamat pagi sobat blog ilmu komputer terbaru. kali ini yg ingin saya tuliskan adalah cara memperbaiki komputer yang apabila di nyalakan, komputer melakukan restart terus-menerus. menurut saya sendiri, ada 3 kemungkinan yang membuat komputer tersebut melakukan restart terus-menerus. yah walaupun kadang bisa juga lebih dari itu. sebelum kita melangkah ke arah solusi dalam memperbaiki komputer tersebut. saya akan coba jelaskan terlebih dahulu beberapa penyebab terjadinya hal tersebut. dan pastikan masalah yg kalian dapatkan sama dengan penyebab yg saya sebutkan ini. dan juga, pastikan restartnya komputer itu terjadi saat logo windows tampil. karena jika sebelum logo windows komputer melakukan restart. maka bisa saja masalahnya ada pada nomor 3. yaitu processor atau power supply mengalami penurunan tegangan. mungkin akan saya bahas nanti tentang power supply. ini dia 3 penyebab komputer melakukan restart.

Jika masalahnya processor, dan 3 cara yg saya tuliskan disini tidak berhasil memperbaiki masalah tersebut. maka jangan risau, karena masih ada solusi lain yg telah saya tuliskan. jadi silahkan dulu 3 cara ini. apabila ketiga cara yg saya tuliskan tidak berhasil, maka silahkan baca 7 langkah cara memperbaiki komputer layar blank.

Walaupun berbeda masalahnya. tapi saya kategori komputer restart terus menerus juga termasuk dalam masalah layar blank. dan tentu saja power supply yg bermasalah juga bisa mengakibatkan kerusakan tersebut. baiklah, mari kita bahas 3 masalah ketika komputer sering restart.

1. Karena virus
2. Beberapa file system windows, yang ada pada drive : c hilang.
3. Processor terhalang oleh debu.

Karena Virus.
Akibat virus, komputer diperintahkan untuk melakukan restart saat masuk windows. hal ini pasti akan sangat susah memperbaikinya. dengan cara saya, kamu pasti bisa memperbaikinya. pertama-tama, coba kamu scan dengan antivirus dahulu.

caranya gimana? kan tidak bisa masuk windows?

Mudah saja, sebelum ada tanda start windows muncul. tekan F8 berulang kali hingga mendapatkan tampilan menu hitam putih, layar berwarna hitam dengan tulisan berwarna putih, di dalamnya terdapat menu yg bertuliskan start windows normally,  safe mode, dan lain-lain. jika tidak muncul maka reset komputer kamu dan ulangi lagi.

Catatan : tidak semua komputer sama dengan menekan tombol F8, ada juga F12, tapi rata-rata pasti menekan tombol F8. jadi, hal ini tidak akan dibahas dalam post ini.

Selanjutnya, cobalah masuk ke dalam safe mode. biasanya kalau virusnya belum parah, kamu akan bisa masuk ke dalam system safe mode windows. bersihkanlah dari situ. penjelasan kurang lengkap? silahkan komentar dibawah buat voting. jika vote cukup. maka saya akan bikin postnya yang lebih lengkap lagi.

lanjut ke tahap berikutnya.

Beberapa file system windows hilang.
Seperti yang kita ketahui, komputer restart bisa terjadi karena file system windows hilang. penyebabnya bisa dikarenakan virus, harddisk mulai rusak. dan komputer dimatikan secara tidak benar. ( contoh mati lampu). dan hal tersebut menyebabkan hilangnya data pada drive C: sehingga ketika logo windows tampil, system tidak dapat dilanjutkan dan pada akhirnya, komputer pun restart kembali berulang kali sampai file system windows ada atau tidak corrupt. hal seperti ini bisa saja kita perbaiki dengan cara melalui proses install ulang, atau gunakan kaset windows yang sesuai dengan OS kita untuk repair. namun ini hanya berlaku untuk komputer normal dalam arti tidak ada kerusakan hardware. dan tidak berlaku untuk kerusakan hardware seperti harddisk bad sector. selain itu, kamu juga bisa menggunakan HBCD untuk memperbaiki masalah file system windows ini. dan tentu saja kamu masih membutuhkan file instalasi windows dalam perbaikannya.

Processor terhalang oleh debu.
Wah, ini yang paling banyak saya temui. dan saya rekomendasikan untuk cek ini pertama kali jika komputer kita restart ketika logo windows nya muncul, kebanyakan orang jika sudah menggunakan komputernya, maka akan sangat jarang sekali membuka chasing komputernya untuk cek debu didalam. jujur saja, memang kita merasa aman dengan chasing tertutup, namun tidak menutup kemungkinan bahwa debu bisa masuk dari arah manapun. sehingga menutupi kipas yang mengarah ke prosesor sehingga menyebabkan prosesor kepanasan. dan kamu pasti tahu sendiri apa yang terjadi jika prosesor terlalu panas.

Jika terlalu panas akan menyebabkan system pada komputer men-shut down otomatis komputer kamu. dan jika tidak ada pengaman suhu. dan komputer tidak shutdown. prosesor kamu bisa rusak. untuk itu, lakukanlah pembersihan termasuk pembersihan kipas prosesor di komputer kita. minimal sebulan sekali atau jika mengalami restart seperti ini. jika dipaksakan. bisa membuat prosesor kamu jadi telur goreng bin hangus. hahaha

Oke. itulah penyebab komputer sering restart terus saat main game ataupun saat baru dinyalakan. 1 hal yang saya lupakan padahal sering juga saya perbaiki. salah satu solusi terakhir adalah cobalah mengganti power supply komputer kamu.

7 komentar:

  1. PC saya sering juga mengalami restart ulang
    terima kasih, ulasannya sungguh membantu..

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya sangat membantu

    BalasHapus
  3. Terima Kasih sobat udah mau membagi ilmunya .

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. klo mo buat virus itu bisa di buat melalui notepad (program sederhana) tapi kebanyakan mereka menggunakan visual basic (virus worm) dan kita harus paham dlu apa yg mau kita infeksi kan ke orang. klo worm sendiri bekerja menggandakan diri di disk disk komputer . dan induk sebenarnnya dari file itu ada di disk C. itu tergantung kita yg mau buat. ada juga yg suka bikin virus open close disk otomatis . hehehe yg ini pasti suram karena CD nya buka tutup sendiri

      Hapus
  5. Bro kalau gak bisa di tekan F8 untuk memilih safe mode (Start Normally) Menggunakan Tombol apa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. F12, F2, klo di laptop itu F12 biasanya. maaf baru balas, soalnya baru OL jg. klo gk bisa jg. coba tekan satu satu tombol F nya. ada jg pada laptop terbaru itu tekan ESC

      Hapus

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...