Selasa, 04 Februari 2020

Cara Memperbaiki Komputer Mati Total

Ada beberapa kerusakan yg menyebabkan komputer mati total, dimulai dari Power Supply rusak, kapasitor yg terletak di dekat prosesor rusak. dan kabel terputus. walaupun terlihat baik, tapi bisa saja di dalam kabel tersebut putus sehingga komputer pun tidak bisa dinyalakan hanya dengan menekan tombol power. jujur saja, hal tersebut sangat jarang terjadi. dan untuk memastikannya, kita memerlukan kasing komputer yg lain yg masih bagus. dibandingkan hal tersebut. biasanya yg sering rusak itu adalah komponen power supply. pernah juga saya mengalami komputer yg bisa menyala tapi dalam beberapa waktu, komputer mati. dan penyebab yg saya temukan waktu itu adalah harddisk. mungkin akan saya tuliskan nanti pembahasannya.

Yah, untuk sekarang, pembahasan kita adalah tentang komputer mati total, agar lebih bisa lagi dipastikan kerusakannya, kita akan menguji beberapa komponen agar kita bisa mengetahui kerusakan apa saja  yg ada. dulu saya juga pernah tuliskan masalah tersebut pada komputer blank. dan pastinya ada kurang dan lebihnya dalam tulisan saya. maka dari itu kamu juga bisa baca tulisan saya yg berjudul 7 langkah memperbaiki komputer blank.

Baiklah mari kita analisa bersama-sama tentang apa saja kerusakan yg di alami komputer ketika saat tombol power ditekan tidak merespons apapun alias komputer mati total.

1. Power Supply Rusak.
Komponen Ini yg sering mengakibatkan komputer mati total. tombol power ditekan pun tidak ada respon apapun atau indikasi komputer ingin menyala, dan kadang setelah menyala, layar pada komputer hanya blank. untuk meyakinkan komponen ini rusak atau tidak, kita bisa uji dengan Power Supply cadangan yg kita miliki terlebih dahulu. hal ini dilakukan agar apabila hanya terjadi short pada mainboard komponen, maka komputer pun akan kembali normal. apabila masalah sudah bisa diselesaikan dan komputer telah normal kembali, pasang kembali power supply yg lama.

Dengan memasang power supply lama, kita berharap komputer yg short di bagian mainboard akibat power supply bisa hilang. dan ketika diganti ke power supply yg lama, komputer bisa normal kembali dan short pun telah hilang. tapi apabila kita mengembalikan power supply lama dan komputer masih tidak normal. maka bisa dipastikan kerusakannya adalah power supply. masalahnya bisa saja karena kurangnnya tegangan pada power supply atau komponen short. kerusakannya kemungkinan ada pada kapasitor ( untuk short ) dan masalah lainnya adalah kerusakan komponen transistor yg mengakibatkan hilang atau turunnya tegangan pada power supply. akan kita bahas nanti untuk perbaikan power supply. petunjuk dasarnya biasanya yg sering rusak itu adalah capasitor atau transistor di dalam mainboard power supply.

2. Kapasitor Processor rusak.
Kerusakan yg kedua ada pada kapasitor, letaknya ada di dekat processor posisi sejajar 3 tersusun. mungkin nanti akan saya tunjukkan contoh gambarnya. jadi untuk memperbaikinya, kita membutuhkan beberapa bahan yaitu, solder, timah, dan beberapa bahan bantuan seperti obeng dan tang. dan tentu saja kita akan membutuhkan komponen baru kapasitor elco cadangan untuk mengganti yg rusak. lepaskan Fan dan processor untuk melihat capasitor tersebut. lalu cek dengan multimeter. biasanya bentuk gelembung di bagian atas kapasitor sudah bisa dipastikan kerusakannya. jadi ganti komponen tersebut dengan kapasitor yg baru.

3. Kabel terputus.
Kabel yg menghubungkan komputer dengan tombol power on off telah terputus, biasanya ada tikus yg menggigit sehingga kabel tersebut putus. ada juga karena kabel bergerak saat dibawa sehingga ketika kabel yg sudah berkarat tersebut bergerak menjadi putus. hal lainnya itu entah karena di rayapi oleh cecak dan sebagainya. solusinya, gunakan Casing komputer yg lain dan masih memiliki kabel yg baik. apabila komputer sudah normal kembali. maka bisa dipastikan kabel telah rusak. jadi kalau bisa diperbaiki, mungkin kita bisa menyambung kabel tersebut atau menggantinya dengan kabel yg lain.

4. Motherboard telah rusak.
Untuk hal yg satu ini, mungkin bisa di atasi dengan cara nomor 2. tapi jika sudah tidak bisa diperbaiki lagi. maka kita hanya bisa menggantinya dengan motherboard komputer baru. tapi coba saja kamu bersihkan dulu dengan kuas cat agar debu yg menghalangi jalannya arus listrik bisa kembali normal. kamu juga bisa menggunakan pembersih karat besi, barangkali ada karat yg membuat komputer mati total. ada cara lain namun memiliki tingkat resiko yg tinggi. yaitu dengan melepas seluruh hardware sehingga yg tersisa hanya mainboard tanpa RAM, Battery CMOS, FAN dan processor.

Kemudian bersihkan mainboard dengan kuas, apabila menggunakan air. lepas semua hardware termasuk apa yg saya sebutkan diatas. celupkan mainboard kedalam wadah yg sudah kita isi dengan air ditambah dengan sabun. lalu bersihkan dengan kuas. setelah selesai. keringkan terlebih dahulu menggunakan hair dryer atau blower uap. pastikan mainboard telah kering. jika tidak ada alat tersebut. kamu bisa menjemurnya di dekat matahari atau menggantungnya seperti jemuran baju. pastikan jgn langsung mengenai matahari. dan proses tersebut membutuhkan waktu sekitar beberapa hari.

Cara diatas sudah saya uji sendiri, dan pada mainboard saya sendiri sudah berapa kali saya bersihkan dengan air lalu kemudian mengeringkanya dengan cara meletakkannya di dekat dinding dengan posisi mainboard miring 90 derajat agar air yg terkandung di dalam mainboard keluar. yah memang sedikit beresiko bagi saya saat memperbaikinya, tapi syukurlah komputer saya masih normal sampai saat ini. itulah beberapa cara yg pernah saya gunakan untuk memperbaiki komputer mati total. dan semoga saja salah satu cara yg ada di atas bisa membuat komputer kembali normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...