Selasa, 04 Februari 2020

Alat-alat yang diperlukan untuk merakit komputer

Hai semua. tulisan admin blog ilmu komputer kali ini adalah tentang merakit komputer. sebelum kita merakit komputer. ada beberapa alat yang harus dipesiapkan dan juga beberapa software untuk mengoptimalkan kelancaran system komputer. dan dalam hal ini saya bagi dalam 3 kategori. untuk pemiliihan hardware. pastikan socket processor cocok dengan hardware processornya, karena komputer jaman dulu dan sekarang berbeda socket. ada tipe socket LGA 775, 1156 dan 1155 serta masih banyak yg lainnya. begitu juga dengan harddisk dan cd/dvd komputer. tipe lama socketnya tipe IDE dan yg baru memiliki tipe S-ATA atau disebut dengan SATA.

1. Hardware
Hardware dalam komputer adalah berupa benda nyata, yang bisa disentuh oleh kita. dan fungsinya beragam. contoh Casing untuk meletakkan hardware mainboard, Harddisk, dan lain-lainnya. oh jangan lupa kita juga memerlukan obeng plus dan minus untuk memasang baut dalam merakit komputer. dalam merakit komputer kita membutuhkan hardware yg sekarang akan admin sebutkan semua hardware standar dan penting untuk merakit komputer kita sendiri.

1. Harddisk
2. cd/dvd
3. Motherboard (lebih sering dikenal Mobo)
4. Power supply
5. Casing
6. Prosesor (optional) karena sekarang sudah ada type mobo yang memiliki processor onboard. jadi prosesornya langsung melekat di mainboard. nama mainboard tersebut adalah intel atom. 
7. Ram (Random Access Memory)

Dengan 6 hardware diatas ( Kecuali Casing ), kamu sudah bisa merakit komputer milik kamu sendiri. di dalam box mainboard yg kamu beli biasanya sudah ada disediakan kabel S-ATA dan IDE untuk harddisk, dan perlengkapan lainnya seperti kaset driver mainboard. untuk tipe mainboard tertentu kadang juga sudah disediakan FAN dan processor sebagai bonus. jadi kita tidak perlu membeli processor lagi. sebenarnya ada hardware yang lainnya untuk komputer kamu, namun semua itu optional. contoh floppy disk, FAN tambahan, dan lainnya. tapi dengan 6 hardware diatas yg telah admin sebutkan saja maka kamu sudah bisa menjalankan komputer kamu sendiri.

2. Software dan OS windows
Software atau disebut perangkat lunak digunakan untuk mengoptimalkan komputer agar bisa berjalan sepenuhnya. tanpa software dan OS windows, kalian sama saja masuk ke dalam system hitam putih dengan pemberitahuan no bootable disk. tanpa software dan OS windows,  komputer yg sudah kamu rakit hanya bisa menjadi tempat untuk kamu duduki diatasnya. tidak usah dimainkan saja. he...

 Ok, Software dan OS windows yang paling penting yang akan saya sebutkan adalah Windows, linux, dan system boot lainnya seperti Machintos. kalau menurut saya yang paling bagus adalah windows. ada windows xp 1, 2, dan yang trends sekarang adalah Wins 10 tahun 2020 sekarang. tapi pastikan mainboard kita sudah mendukung sistem windows 10 yah, karena komputer tipe lama pasti akan berat untuk menjalankan system windows 10. biasanya komputer tipe lama itu minimal windows 7 ( Seven ). ada software lain setelah windows, yaitu browser chrome, pemutar musik, VLC pemutar video, dan software lainnya.

Lalu apa kegunaan software OS windows ini di komputer kita? jawabannya mudah. kamu sekarang lagi baca artikel ini kan melalui komputer? nah coba kamu lihat tampilan desktop atau gambar tampilan depan komputer ini, menurutmu apa yang membuatnya hidup seperti ini dan berjalan seperti ini? ya. tentu. software yang disebut sebagai system atau booting ini lah yang membuatnya berjalan dengan baik. tanpa ini. komputer kamu hanya akan bertulisan putih dengan layar blank hitam. begitu juga kalau booting system ini rusak. secara otomatis komputer kamu tidak akan bisa berjalan lancar lagi. dan kamu tidak akan bisa membuka internet lagi.

3. Driver software
Driver software ini yang dimaksudkan adalah software yang mendukung system kinerja komputer kamu, misalnya, kinerja layar tampilan komputer, suara komputer chipset dan usb.
driver software ini sangat mudah ditemukan karena kalau kita beli Mobo (motherboard komputer). maka cd/dvd atau driver software ini sudah ada dalam 1 paket di dalam kardus motherboard. jika tidak ada, kamu harus menanyakannya ke tempat dimana kamu membelinya. jika tanpa ini. kamu tidak bisa mengoptimalkan kinerja komputer kamu, kamu tidak bisa mendengar suara dari speaker kamu dan tampilann layar juga biasanya lebih besar. hal ini juga termasuk sangat penting dalam pengoptimalan komputer kamu agar berjalan seperti biasanya. untuk windows 7 keatas biasanya saat install ulang. driver akan otomatis terpasang dan pasti akan ada suara dan lainnya.

Sekiranya sudah saya sebutkan semua alat-alat yang paling penting sebelum merakit komputer kamu.  jika ada kekurangan, mohon di maafkan. dan dikoreksi lagi. oh iya, kamu juga bisa tambahkan hardware lainnya. seperti sound card, vga card dan lainnya. semoga info saya membantu.

6 komentar:

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...