Rabu, 05 Februari 2020

7 Langkah Memperbaiki Komputer Menyala Namun Layar Gelap Blank

Hari ini kita akan memperbaiki sebuah komputer dengan kerusakan yang sedikit rumit yaitu komputer menyala namun di layar hanya gelap.Jika kamu mengalami kerusakan tersebut maka ini adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya. dan cara ini sendiri sudah saya lakukan dan hasilnya komputer saya pun sudah baik sehingga saya bisa menulis lagi ke dalam blog ini. meskipun saya tidak begitu mahir dalam menjelaskan dan menulis, saya harap ini bisa menjadi informasi yang sangat membantu kalian dalam memperbaiki komputer jika mengalami kerusakan yg sama. baiklah, inilah beberapa langkah yg saya lakukan dalam memperbaiki komputer saya yg rusak dengan kondisi menyala namun layar gelap.

Uji Layar komputer terlebih dahulu.
Pastikan layar tidak rusak, uji coba dengan layar lainnya jika ada. cara paling mudah adalah melepas socket vga antara layar ke komputer. lihat jika ada tulisan no display atau no connection, maka bisa dipastikan layar masih baik.

Pastikan hardware komputer baik.
Lepas satu persatu kabel power supply yg menghubungkan komputer dengan harddisk dan cd/dvd. pernah satu kali saya mengalami komputer mati total, dan ternyata penyebab utamanya ada di sambungan power supply ke harddisk, jadi cara ini juga bisa digunakan untuk memastikan hdd, cd/dvd baik. apabila komputer normal kembali, maka bisa dipastikan kerusakan ada pada hardware komputer.

Pengujian terhadap RAM komputer.
Uji RAM komputer dengan yg lain. apabila diganti dan komputer normal kembali, maka bisa dipastikan RAM komputer mengalami masalah. untuk memperbaiki RAM yg bermasalah akan saya bahas di posting saya yg lain. cek juga bagian kabel antara power supply dan mainboard. pastikan tidak ada yg terlepas atau lupa dipasang. terkadang diiringi dengan bunyi beep di komputer jika RAM bermasalah, tapi itu hanya jika ada speaker di mainboard. terkadang juga tidak ada. 

Cek FAN processor komputer
Apabila layar dan RAM sudah di uji namun tidak ada perubahan. langkah selanjutnya adalah mengganti FAN processor dengan yg lain. terkadang fan komputer terlepas atau tidak terpasang dengan baik. jika sudah diganti dan komputer normal kembali. maka bisa dipastikan FAN mengalami masalah. pasang kembali FAN dan pastikan posisinya pas. penyebab bisa dikarenakan komputer terhentak atau bergetar yg memungkinkan FAN komputer terlepas dari posisinya.

Gunakan power supply yg lain.
Uji power supply dengan yg lain, apabila sudah diganti dan komputer normal kembali, maka bisa dipastikan power supply mengalami kerusakan yg disebut low voltage. apabila mati total maka bisa dipastikan rusak parah. namun akan lebih mudah diperbaiki jika kerusakannya mati total daripada low voltage. untuk pembahasan tentang power supply serta cara memperbaikinya akan saya bahas di lain waktu.

Processor juga harus di check.
Processor bermasalah bisa mengakibatkan komputer menyala dan tidak menampilkan apapun di layar. masalah lainnya juga bisa mengakibatkan komputer hanya menyala sebentar lalu kemudian restart atau mati lagi. hal ini juga berlaku untuk laptop. gunakan processor yg lain jika ada untuk mengujinya. jika tidak ada, bersihkan processor kemudian gunakan pasta pendingin. bisa saja karena pasta pendingin sudah kering dan tidak bisa digunakan lagi. pastikan juga pin processor masih baik, jika tipe processor nya jarum. maka pastikan tidak ada jarum yg bengkok. jika tipe pin processor hanya berupa tembaga (tidak berbentuk jarum), bersihkan dengan penghapus pensil. pasang dan uji kembali processor.

Cara ini hanya untuk memastikan kebersihan processor agar saat komputer menyala, processor berjalan dengan baik. yg lebih sering saya temui adalah pasta pendingin yg kering dan terlalu cair sehingga menyebabkan short pada processor. pastikan pasta pendingin tidak keluar dari plat dan bersihkan jika pasta pendingin keluar dari plat processor. gunakan processor lain untuk pancingan jika ada. setelah menyala dengan normal. pasang kembali processor lama.

Mainboard bermasalah.
Mainboard bermasalah, kerusakan nya biasanya diakibatkan karena elco atau kapasitor komputer rusak atau menggembung, dan letaknya ada di dekat processor. kerusakan ini jarang terjadi dan hanya ada pada mainboard tipe lama, dan saya pernah mengalaminya. untuk memperbaikinya, kita cukup mengganti kapasitor tersebut. jika ada mainboard lama maka bisa digunakan untuk mengganti kapasitor tersebut, jika tidak ada, silahkan beli di toko elektronik terdekat. voltase yg digunakan biasanya antara  2.5v, 4v dan 6v. sekitar satu hari yg lalu saya mendapatkan kerusakan tersebut. dan setelah mengganti kapasitor 4v tersebut, komputer pun kembali normal. jika tidak ada yg 2.5v maka 4.v pun masih bisa digunakan untuk mengganti kapasitor yg rusak tersebut. asal jangan kapasitor yg lebih rendah dari volt yg tertera, karena bisa menyebabkan kapasitor rusak lagi.

untuk contoh gambar saya belum bisa berikan karena peralatan yg kurang memadai. untuk kerusakan VGA sangat jarang terjadi pada komputer, maka dari itu saya tidak memasukkannya ke dalam tulisan ini. dan jika terjadi, maka akan saya bahas di lain waktu. karena VGA sendiri juga bisa menggunakan VGA card seperti ndivia dan lainnya. Itulah 7 langkah yg saya lakukan dalam memperbaiki komputer menyala namun tidak ada response apapun di layar, bisa dibilang layar hanya gelap dan tidak menunjukkan indikasi menampilkan gambar. saya harap informasi ini bisa membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...