Senin, 01 Juni 2015

Keyboard Laptop Rusak Karena Virus

Sebenarnya sudah lama saya pernah mengalami masalah keyboard laptop rusak karena virus. namun baru hari ini saya perbaharui tulisan saya lagi. baiklah, penjelasannya seperti ini. saat kita mendapatkan sebuah file dari internet dan mencoba membuka file tersebut. ternyata ada virus di dalamnya. semula kita tidak tahu jika laptop sudah terinfeksi virus. dan dalam beberapa menit atau jam kemudian, keyboard laptop pun bertingkah aneh, beberapa tuts keyboard tertekan sendiri. kita kira keyboard laptop tersebut rusak atau terkena debu. padahal virus yg bekerja. jadi, sebelum kita memastikan bahwa keyboard laptop rusak atau terkena debu dan sebagainya, ada baiknya kita cek virus terlebih dahulu menggunakan antivirus yg ada.

Cara memperbaiki keyboard laptop akibat virus.
untuk memastikan bahwa keyboard laptop kita terinfeksi oleh virus, hal pertama yg harus dilakukan adalah menggunakan "safe mode windows". jika sudah, kita buka notepad. apabila di notepad normal saja dan tidak ada tuts keyboard tertekan. maka memang benar laptop telah terinfeksi virus. solusinya, bersihkan virus dari laptop menggunakan antivirus yg ada dan tetap dalam safe mode windows. jika sudah, uji kembali laptopmu dalam mode normal windows. solusi kedua adalah dengan cara format ulang windows. apabila tuts keyboard masih tertekan sendiri. maka bisa dipastikan ada debu atau keyboard sudah rusak. untuk masalah keyboard yg lain, cara ini juga sempat saya jelaskan pada post saya yg sebelumnya. kamu bisa baca post saya yg dulu tentang keyboard laptop tertekan sendiri karena debu dan sebagainya.

Jika memiliki permasalah keyboard laptop tidak berfungsi, mungkin kamu bisa juga baca tulisan saya yg lain yaitu tentang cara mengatasi keyboard laptop yg tidak berfungsi.

Cara lainnya adalah dengan melepas komponen keyboard laptop tersebut. lalu uji dengan menggunakan usb keyboard. apabila tuts keyboard usb memberikan hasil yg sama, berarti memang benar laptop kita telah terinfeksi virus. jika cara diatas tidak berhasil atau ada masalah saat menggunakan "safe mode windows", gunakan aplikasi bantuan seperti "Hirens boot CD" (HBCD) dan sebagainya. saya rasa menggunakan cara ini sudah bisa dan berhasil memperbaiki keyboard laptop. tapi jika belum berhasil, gunakan aplikasi standar bawaan windows recovery. kembalikan ke waktu dimana laptop kita belum terinfeksi virus.

Dari pengalaman saya, langkah pertama sudah bisa dan berhasil untuk memperbaiki tuts keyboard yg rusak karena virus. mungkin ada juga yg berhasil ke "safe mode windows", tapi ada juga yg tidak berhasil dan laptop restart.

itulah beberapa cara yg bisa kita lakukan untuk memperbaiki keyboard laptop rusak karena virus. masih banyak cara lainnya yg bisa kita gunakan dan mungkin telah lupa saya tuliskan.

6 komentar:

  1. Laptopku sekarang kena virus yg menyerang fungsi keyboard. Awalnya, saya kira keyboard saya sudah rusak jadi hardware tdk disambungkan. Saya pakai USB keyboard eksternal. Ternyata hanya baik sebentar dan kembali error. Huruf biasa terketik banyak sekali. Misalnya, saya ketik huruf u make akan dengan auto terketik huruf uuuuuuuuu yang panjang sekali. Klo saya aktifkan capslock dan atau numlock makan muncul masalah begitu. Tapi klo sudah direstart colok USB keyboard eksternal bisa normal lagi dgn syarat tdk menekan tuts Capslock dan NumLock.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bersihkan dengan antivirus. Aku kemarin sih pake smadav. Tapi klo gk berhasil jg. Masuk safe mode windows dlu. Trus aktifin smadav dri situ. Klo msh gagal. Di safe mode windows. Install avast antivirus. Jalan terakhir adalah format ilang windows. Tapi bisa di bakcup dlu datanya lewat safe mode windows. Klo memang virus. Disana gk bakal error keyboardnya

      Hapus
  2. Keyboard laptop sy ga berfungsi semuanya, trs suka mencet tombol lain padahal engga, ini sy bingung sy hrs gmn?kalo misal ganti keyboard bs kembali sprti semula tdk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek dlu takut ada virus mungkin di laptopnya mas. kalo pasti keyboard bermasalah baru coba ganti keyboardnya. ada cara sih untuk perbaiki keyboard itu tapi menurutku hanya 10% keberhasilannya.

      Hapus
  3. Laptopku sudah beberapa kali kena virus yg menyerang software keyboard,skarang kucoba pake kombinasi smadav dan AVG.Hanya saran saja jangan sembarangan colok flashdish,hati2 saat browsing internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sendiri menggunakan smadav dan Avast karena menurutku lebih ringan dan cocok. benar. kebanyakan penyebab virus masuk ke laptop atau pc kita adalah karena kita memasukkan flashdisk, download file yg tidak dikenal, dll.

      Hapus

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...