Selasa, 02 Juni 2015

Printer Tidak Terdeteksi Di Komputer

Beberapa waktu yg lalu, ada pengunjung yg datang untuk memperbaiki Komputer. lalu kemudian orang tersebut juga membawa sebuah printer dengan permasalahan awal yaitu Printer yg tidak berfungsi di komputer, kalau admin bilang, itu sebagai printer tidak terdeteksi di komputer ataupun laptop. dia bilang kalau semula printer tersebut baik. normal dan tidak ada masalah apapun. tapi setelah dia menggunakan printer tipe lain masalah pun timbul. printer yg sering dia gunakan akhirnya tidak bisa berfungsi. jadi hari ini, saya akan coba jelaskan serta memberikan solusinya untuk kalian semua.

Beberapa Penyebab printer jadi tidak terdeteksi.
Kalau dilihat sebenarnya driver printer tersebut masih ada. karena kita menggunakan printer lain, maka yg menjadi default adalah tipe printer lain yg baru dipasang. untuk beberapa merk printer, biasanya akan ada pemberitahuan bahwa printer offline. tapi ada juga hanya tulisan error. untuk memastikan printer mana yg aktif, buka menu start menu lalu pilih menu device and printers. jika kamu melihat gambar printer yg menyala (tidak redup atau transparan). maka itu adalah printer yg aktif. saat print pun biasanya ada menu yg muncul dan disitu kita juga bisa menentukan printer mana yg akan digunakan.

Tapi perlu kamu ingat. walaupun tipe printer sama, kadang bisa juga terbagi menjadi 2. contoh, "canon mp 280". ketika kamu lepas dari slot usb. dan memasangnya lagi, maka akan muncul driver baru seperti ini "canon mp 280 ( copy1 )". jadi, pastikan printer mana yg aktif. lihat juga icon tanda benar warna hijau di printer. tanda tersebut adalah tanda default printer yg digunakan. jadi, jika tanda itu ada di printer yg redup. maka otomatis saat kita mencetak. printer komputer pun menjadi error dan tidak ada respons sama sekali. jadi klik kanan icon printer yg aktif. dan pilih menu "set as default".


Penyebab printer menjadi copy 1 dan 2 itu sebenarnya karena kita memasang driver printer tanpa menghubungkan printer saat diminta. melainkan dengan cara manual. bisa juga karena pemasangan printer yg lain sehingga menyebabkan printer tidak bisa terdeteksi dengan baik. tapi yg lebih sering adalah printer yg tidak di hubungkan saat penginstalan driver printer. jadi untuk solusi yg satu ini, kita cukup melakukan penginstalan ulang pada driver. uninstall driver yg ada lalu kemudian install kembali. dan pastikan ketika driver printer diminta oleh system untuk di sambungkan, harus kita sambung dengan printer yg bersangkutan. nyalakan printer. ada cara yg lain tanpa harus uninstall printer. tapi agak sedikit rumit. kita harus masuk ke dalam menu device manager atau pengaturan printer lalu kemudian mengatur ulang lokasi sambungan printer tersebut. biasanya yg semula COM1, kita ubah menjadi USB.

Masalah lainnya adalah ketika kita mencetak dengan printer yg aktif tapi tidak ada respons. ini saya sebut sebagai kerusakan ringan tapi menggunakan kata "mungkin". mungkin rusaknya ringan. he...
solusinya adalah memilih menu "cancel all document". karena sebelumnya kita mencoba mencetak dokumen tapi printer tidak aktif. maka job print data menumpuk sehingga printer pun hang. jadi pastikan data bersih. barulah kita mencetak lagi. ada juga karena error lainnya seperti ink tank full dan lain-lain. akan admin coba tuliskan di kategorinya masing-masing.

solusi ketiga bagi yg baru mencoba memasang printer ke slot usb. ada juga yg belum tahu tentang ini, jadi akan saya coba jelaskan. ketika kamu memasang printer ke slot usb komputer. pastikan bahwa driver sudah terpasang. karena seluruh printer pasti memerlukan driver asli standar bawaan dari printer tersebut dan sudah di kemas dalam bentuk CD/DVD. caranya, insert CD/DVD driver asli dari printer yg telah kita beli ke dalam komputer. lalu gunakan fitur menu "easy install" untuk memasang driver printer. tunggu hingga kamu melihat gambar yg meminta kita memasang printer ke slot usb dan menyalakan printer tersebut. setelah itu, proses selesai. dan kamu sudah bisa menggunakan printer milikmu sendiri.

Baca juga printer epson T11 error tidak terdeteksi.
Dan baca juga tentang katridge tidak terdeteksi pada printer canon mx 390/397.

Yah walaupun kadang driver sudah terinstall dengan baik. tapi karena virus dan sebagainya, driver pun bisa juga hilang dan jadi error. jadi cara diatas juga bisa kita coba di awal kerusakan untuk memastikan tidak ada masalah pada driver terlebih dahulu.

itulah beberapa cara untuk mengatasi printer tidak terdeteksi di komputer. jika printer masih belum normal. cobalah untuk mengganti kabel usb yg ada pada printer dengan kabel cadangan. untuk masalah lainnya akan coba saya tuliskan nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...