Selasa, 14 April 2020

Cara memperbaiki printer canon Mx 390/397 katridge error tidak terdeteksi error 1401

Selamat siang semuanya, pada hari ini bang admin ilmukomputerterbaru ingin memberikan solusi kepada kalian cara memperbaiki katridge yg errornya yaitu tidak terdeteksi atau error 1401 pada layar printer canon Mx 390/397. biasanya kerusakan ini terjadinya karena sudah lama tidak digunakan, atau ada short di bagian pin katridge. menurut bang admin sendiri, nilai dari perbaikan ini memiliki nilai sekitar 80%. karena ini masih masuk ke dalam kerusakan ringan saja. tapi bisa katridge memiliki nilai 20% tidak bisa diperbaiki.

Bagi kalian yg mengalami masalah yg sama dengan apa yg bang admin sebutkan diatas, maka kita jangan lebih dahulu membuang katridge tersebut dan membeli katridge baru. ada baiknya kita coba perbaiki dulu. dan caranya sangat mudah. karena pada kasus kali ini yg rusak tidak terdeteksi adalah katridge warna dengan kode error 1401. maka kita mulai saja yah.

Bahan yg kita perlukan dalam memperbaiki katridge warna error tidak terdeteksi ini adalah tisu, head cleaner, solder, flux. untuk head cleaner, jika kalian tidak memiliki bahan tersebut, kalian bisa menggunakan alternatif pembersih yg lainnya. salah satunya adalah pembersih kaca cling, atau sabun. untuk bayclin mungkin kalian harus sedikit berhati-hati. karena bahannya yg keras bisa saja mengikis pin komponen yg ada pada katridge warna rusak tadi.

Bahan-bahan yg diperlukan untuk memperbaiki error katridge tidak terdeteksi
Bahan-bahan yg diperlukan untuk memperbaiki error katridge tidak terdeteksi

Ok, setelah semua bahan terkumpul, kita mulai saja perbaikannya. pertama, nyalakan printer terlebih dahulu, maka akan muncul error dengan kode 1401 saat pertama kali kita menyalakan printer canon mx 390/397 yg kita miliki. kemudian buka penutup yg ada di depan printer untuk mengambil katridge, jika saat membuka katridge tidak bergerak ke posisi charge. maka kita harus mengambilnya secara manual, yaitu kita matikan dulu printer tersebut, kemudian geserlah sedikit gear yg ada di sebelah kiri printer agar kita bisa mendorong katridge ke posisi charge ink. lalu kemudian ambil katridge yg ingin kita perbaiki tersebut.

Mari kita lanjutkan pembahasannya. setelah katridge di ambil. gunakan tisu dan tuanglah head cleaner atau bahan pembersih yg lain ke tisu. kemudian usaplah pin atau konektor katridge secara perlahan yg terletak di depan katridge. usap sampai kita merasa sudah bersih. kemudian uji kembali printer tersebut. jika masih belum berhasil, kita ambil lagi dan usap lagi dengan tisu yg sudah di isi dengan head cleaner.

Selanjutnya jika sudah tidak ada error katridge 1401, maka kita sudah berhasil memperbaikinya, tapi jika masih, alternatif lain yg bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan solder. ambil sedikit flux kemudian usapka ke pin yg ingin kita bersihkan tersebut. setelah itu gunakan solder dan panaskan pin tersebut. biasanya debu-debu yg menempel akan hilang dan pin yg kotor pun kembali bersih. tapi untuk itu, berhati-hatilah saat menggunakan solder, jangan sampai mengenai kabel yg berwarna oren tua. cukup plat besi berwarna kuning saja yg kita solder. setelah selesai, uji kembali ke dalam printer.

admin blog ilmukomputerterbaru rasa 2 cara ini sudah bisa mengatasi katridge error tidak terdeteksi dengan error 1401 ini. tapi jika masih bermasalah ada kemungkinan kabel flexible yg ada di katridge itu sudah putus atau short. jadi jalan terakhir yg bisa kita lakukan adalah dengan membeli katridge baru. admin harap tulisan ini bermanfaat bagi kalian semua dan masalah katridge tidak terdeteksi kalian bisa teratasi melalui cara yg admin berikan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...