Kamis, 21 Mei 2015

Komputer Blank Gelap Setelah Ganti Processor

Semula saat procesor komputer diganti dan dinyalakan, komputer normal atau mungkin malah blank mati. di layar pun hanya nampak gelap dan tidak ada indikasi respon apapun pada layar. jika sebelumnya normal lalu kemudian saat kita mencoba menyalakan komputer kita kembali. yg tampil hanya layar gelap, maka kemungkinan bukan karena processor. tapi ada masalah pada lain yg mungkin juga berhubungan dengan processor atau hardware lainnya.  ada juga yg langsung blank setelah prosesor diganti dan dinyalakan kembali.maka beberapa penyebab dari masalah tersebut akan kita bahas kali ini.

Processor tidak support.
Jika kamu baru saja membeli processor, sebaiknya lihat dulu di motherboard. apakah processor yg kamu beli itu cocok untuk motherboard yg kamu miliki atau tidak. karena seperti yg kita ketahui, tidak semua mesin komputer bisa mendukung processor. ada socket LGA 775, 1155, 1156 dan lainnya. kecuali, mesin tersebut sama barunya dengan processor yg kamu miliki ( sudah include dalam box motherboard saat membeli ). untuk motherboard tipe lama, biasanya hanya mendukung processor seperti Intel Pentium 1 sampai 4.

Kalau Intel Core 2 Dua saya rasa hanya ada beberapa tipe motherboard lama yang mendukung. untuk mengetahuinya kamu bisa lihat di box motherboard yg kamu beli. jadi kalau memang motherboard komputer tidak support, ganti prosesor dengan yg lain dan pastikan motherboard mendukung processor tersebut. itupun kalau kotaknya masih ada. he...

Processor baru dibeli, jadi perlu dipanaskan terlebih dahulu.
Nah, pasti sedikit bingung tentang ini. biar saya jelaskan. untuk processor yg baru kamu beli dan telah dipasang di motherboard. sebaiknya di diamkan terlebih dahulu dalam keadaan komputer masih menyala. hal ini dilakukan agar processor yg semula masih dingin karena baru dibeli menjadi panas dan akhirnya bisa bekerja dengan baik. yah, ini dari pengalaman admin juga dulu. setelah beberapa menit admin diamkan dalam keadaan komputer menyala dan tampilan di layar hanya blank atau gelap. setelah itu, admin matikan dan nyalakan kembali komputernya. akhirnya, komputer admin pun kembali normal dan menyala seperti biasa. kamu juga bisa mencoba tips ini.

Prosesor dan RAM tidak kompatibel.
Masalah ini jarang ditemukan tapi pernah admin tangani sendiri waktu itu. spesifikasi processor tinggi, tapi kapasitas RAM rendah. akhirnya karena tidak mampu menahan beban dari perintah procesor kepada RAM komputer, maka terjadilah komputer layar blank. bisa disebut tidak kompatibel. sebaiknya untuk spesifikasi komputer haruslah seimbang. RAM, cek box motherboard komputer. disitu biasanya tertera berapa max dan minimal RAM dan processor yg diperlukan agar mesin mainboard komputer bisa berjalan dengan normal.

Processor dan komponen lainnya harus pas dan sesuai agar seluruh system bekerja dengan baik. selain itu juga akan membuat kesehatan komputer kita semakin bagus. dan kondisinya pun akan bertahan hingga beberapa tahun kemudian. jadi sebagai pengguna komputer, kita yang memilih, apakah ingin komputer sehat dan panjang umur ataukah tidak. jangan berpikir menggunakan komponen baru bisa membuat komputer semakin bagus. tapi pikirkan apakah komponen ini kompatibel dengan komputer kita atau tidak. begitu maksud admin blog ilmu komputer.

Bagi kalian yg semula memiliki komputer yg masih normal atau baik-baik saja lalu kemudian blank mati atau gelap. maka coba baca tulisan admin yg baru tentang 7 langkah memperbaiki komputer blank gelap atau mati.

Nah, sekarang kamu sudah paham beberapa penyebab komputer blank gelap setelah ganti processor. dan dengan ini maka kamu bisa memilih apa yang terbaik buat komputermu. semoga komputer yg kamu miliki selalu bagus dan sehat selama-lamanya.

23 komentar:

  1. Selamat sore min, begini, sy Kan barusan beli prosesor PC desktop Yaitu Intel core 2 duo E8400 bekas atau second di olshop(tokopedia) lalu sy pasang di motherboard komputer sy tapi setelah dipasang Dan dinyalakan mesin komputer nyala tapi di monitor Nggak muncul tampilan apapun atau layar nya blank hitam atau gelap, sebelum Nya di motherboard komputer sy dipasang prosesor Intel Pentium Dual Core E2160 Dan nyala tapi setelah diganti dengan Processor Intel core 2 duo E8400 jadi Nggak nyala, kira2 apa ya masalah nya, FYI; motherboard sy merk Asus p5gc-mx/1333, motherboard sy Masih pake RAM Jenis DDR2, sy pasang RAM nya 2 keping masing2 ukuran nya 2GB jadi dikali 2 jadi RAM nya 4GB

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama mas kembalikan dlu processor yg lama dan lihat apakah kompter nya kembali normal atau tidak, jika normal, ada kemungkinan processor yg mas miliki itu tidak cocok atau ada masalah lain, kalau sama saja, mas coba dengan 1 buah ram saja. jika masih berlanjut, ada kemungkinan masalah pada power supply. kalau hanya processor, coba bersihkan processornya kmudian tambahkan pasta pendingin. kadang saya gunakan tisu untuk bersihkan sisa2 pasta pendingin. kemudian tambahkan dgn pasta pendingin baru. semoga membantu mas.

      Hapus
  2. Klo setelah ganti prosesor dri tdp 95 ke tdp 125 apa harus update bios dulu gan.soal nya saya hbis ganti prosesor layar blank hitam gk mau masuk bios

    BalasHapus
    Balasan
    1. terkadang untuk tdp yg rendah upgrade ke tdp 125 memerlukan beberapa pengaturan. dan biasanya memiliki resiko yg tinggi. diperlukan overclock pada motherboard agar bisa mengimbangi processor yg lebih tinggi. dan resikonya tegangan dan suhu pada motherboard meningkat. dan seperti yg mas supry bilang tentang update bios bisa dicoba. namun resikonya apabila ada kesalahan. maka bios tidak bisa digunakan lagi atau yg paling parah adalah motherboard mengalami kerusakan mati total. jadi jalan amannya adalah mengganti motherboard yg sesuai dengan processor atau tetap menggunakan processor yg lama.

      Hapus
  3. Saya bru beli procesor core 2 duo E8500 3.16.. Ketika saya pasang monitor blank CPU nyala.. Ketika saya kembalikan ke procesor lama saya core 2 Duo E6420 2.13 normal lagi.. Kira" kenapa ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bisa karena ram, power supply, kipas dan socket CPU (processor). kadang ram dan processor tidak support atau power supply gk kuat angkat beban dari processor tersebut. bisa juga terlalu overload. pastikan socket processor cocok dengan yg kita beli pak. ada LGA 775 dan LGA 1155 dan lain-lain. kadang jg karena thermal paste nya terlalu berlebihan, jadi coba jg dibersihkan dulu pak.

      Hapus
  4. Saya baru saja coba ganti prosesor core2duo saya dengan core2quad q8400 bekas, tapi ketika dinyalakan malah muncul tulisan apalah katanya tdp 95w(over) trs dipaksa reboot, gitu aja terus, lalu saya balikin lagi ke core2duo hidup normal, oia psu bawaan casing 400wat, kira² apa ya penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kipas atau cooler(heatsink) nya pak. tdp 95w itu adalah cooler atau kipas. mungkin karena tidak cocok. jadi saya sarankan untuk setting fan di bios. atau cek dengan fan cooler yg lain dlu pak.

      Hapus
  5. Halo bg, saya ingin bertanya bg. Kebetulan sya baru beli processor laptop i7 640m untuk laptop toshiba l510. Dari yang saya cari dan tempat service bilang laptop saya kompatibel dengan seri processor ini. Namun setelah pemasangan, laptop saya malah layar hitam bg. Lalu di asangkan kembali dengan processor lama sya i3 330m menyala kembali dengan baik bg. Kira2 apa masalahnya ya bng? Apa mesti dipanaskan dulu processor i7 640mnya selama beberapa menit seperti yang abg bilang diatas? Terimakasih bg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan juga RAM nyam klo kurang spek nya jg bisa mengakibatkan blank hitam. Processor mgkn cocok. Tapi klo RAM gk kuat buat ngebantu processor tu. Hasilnya jg bisa berakibat begitu. Jdi silahkan cek minimal ram untuk processor I7 nya ya bang

      Hapus
    2. Saya juga begini acer aspire 4739 procie bawaan i3 370m upgrade i5 560m blank hitam bang ram 4gb

      Hapus
  6. saya beli processor bekas, stlah dinyalain malah win manage error, minta di repair, saya repair disaat looding nya malah stuck lama ampe ga ada perubahan,alhasil saya restart ulang. pas masuk logo mobo malah stuck. saya coba lepas dan memakai hardware yang penting saja, baru dapet permasalahannya, jd setiap saya pasang keyboard langsung stuck terus dlm proses entah itu di awal logo sampai booting mau ke bios aja stuck. sedangkan mau masuk windows harus repair dan perlu keybord. kira" solusinya gmna? pakai processor lama berjalan normal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku processornya ada yg korslet itu. Sulit kalau mau memperbaiki processornya bang. Tapi coba aja dlu dgn keyboard lain. Klo bsa normal. Syukur bang

      Hapus
  7. Gan saya punya laptop toshiba satellite c640 processor intel pentium Kemudian saya ganti dengan processor core i3 dengan socket yang sama tapi saat dinyalakan todak ad tampilan di layar samasekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah intel pentium kyknya beda keluarga ama i3 bang. Meskipun sama bentuk dan letak. Tapi kinerja systemnya berbeda. Maksudku misal sebelah kanan processor intel pentium buat isi data. Kanan dari i3 mgkn buat buang data. Hehe. Hmm.. sebaiknya abang cek dlu slot vga nya.intel.pemtium.slot vga brapa. Apakah sama slot vga motherboardn

      Hapus
  8. Nanya dong gan, saya baru upgrade processor e8400 ke 9400 (bekas) beli di online. Pas dinyalakan kipas prosesor nyala tapi ngga ada bunyi bip dan monitor ngga nyala. Mobo saya gigabyte GA-G31M-ES2L, PSU bawaan casing simcool 430 w. Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slot processornya nya tipe brapa abang harus tau dlu. Karena beda motherboard beda jg tipe slot processornya. Bisa saja G31 tipe slot 1155, dan ternyata processor yg boss upgrade bertipe 1175 dll. Sebaiknya cek dlu ya

      Hapus
  9. Bang saya baru ganti prosesor,tapi setelah dinyalakan tidak tampil di monitor lalu saya ganti lagi tu ke prosesor lama tapi malah gk tampil juga..... Solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah itu sering kutemui kyknya. Terkadang kipas pendingin nya gak terpasang dengan benar. Atau pasta pendinginnya melar kemana mana. Cek dlu pasta nya. Pastiin jgn keluar dri plat putih di processornya. Klo keluar bersihkan. Trus untuk pemasangan processor bru. Pastikan ada pasta pendinginnya bang. Klo komputerku sih. Keseringan kipas pendinginnya patah. Jdi gk terpasang dgn benar dan hasilnya blank. Cmn kdg ku biarin dlu dingin komputernua. Trus ku lepas jg ram nya pasang kembali atau bersihkan dlu dgn penghapus pensil plat kuningnua. Abis tu pasang lgi processornya. Trial dan error. Kdg mau.kdg.gk. tapi klo.udh mau biasanya mau terus dah nyala.

      Hapus
  10. gan saya mau tanya...kenapa pc saya setelah ganti prosesor i3 3240 dari sebelum nya intel G620..lampu power hidup mati hidup mati trus ber menit menit lamanya...kipas prosesor sama kipas PSU hidup mati jga seirama dengan lampu power..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek slot processor motherboardmu bang. i3 itu tipe processor LGA 1155 . Jdi klo motherboard gk bertipe slot itu. Hasilnya bsa seperti yg abang sebutkan. Gk cocok. Trus pastiin jg gk ada korslet di bagian PSU nya

      Hapus
  11. bang saya punya laptop acer 4738z processor bawaan pentium p6100 terus katanya masih bisa upgrade ke intel core i5 gen1. tapi setelah saya beli second intel core i5 gen1 nya malah laptop gak mau hidup lampu indikator sama kipas hidup mati hidup mati.. tapi kalo di oasang oentium p6100 kembali normal lagi bang.. mohon pencerahannya

    BalasHapus
  12. bang.. saya ada laptop acer 4738z processor bawaan pentium p6100 terus katanya bisa upgrade ke core i5 gen1, tapi setelah saya beli core i5 gen1 nya dan saya pasang malah layarnya cuma hitam aja.. tapi setelah di pasang pentiun p6100 laptoo kembali normal..mohon pencerahannya

    BalasHapus

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...