Sabtu, 23 Mei 2015

Laptop Hang Loading Berat Bagian 1

Kali ini, admin akan coba bantu kalian memperbaiki kerusakan laptop dengan indikasi error loading berat. awal mula sebelum logo windows tampil, laptop tidak ada masalah apapun dan semuanya  sangat lancar, akan tetapi, ada masa dimana laptop sangat berat ketika loading diwaktu pertama kali mencoba untuk membuka desktop windows. padahal logo windows sudah tampil. tapi belum ada tanda bahwa kita akan masuk ke layar desktop utama seperti biasanya. kadang laptop restart. dan ada juga hanya berhenti sehingga layar terlihat gelap. dan itu masalah pertama bagi yg pernah admin alami juga, masalah lainnya akan saya bahas nanti pada bagian ke 2. penyebab utama laptop loading berat sebenarnya ada di system windows hilang, harddisk laptop error, dan memori RAM laptop rusak.

Untuk mengatasinya, kita perlu lakukan analisa terlebih dahulu, dimulai dari system windows. coba kamu tekan tombol F8 di keyboard saat pertama kali dihidupkan agar bisa masuk ke safe mode windows. jika F8 tidak berhasil menampilkan tulisan maintenance windows seperti "start window normally" dan "safe mode windows", maka matikan laptop dan hidupkan kembali, kemudian tekan tombol yang lain. tapi masih dalam aturan tombol F, misalnya F1 dan seterusnya. apabila belum berhasil juga. gunakan cara shutdown instant. yaitu pada saat laptop menyala, tekan dan tahan tombol ON OFF agar laptop yg menyala langsung mati.

Apabila laptopmu berhasil masuk ke safe mode windows, berarti masalahnya hanya ada pada harddisk, bisa karena virus, atau system windows hilang. solusi pertama, gunakan antivirus untuk menghapus jika memang ada virus. caranya, jika antivirus sudah terpasang sebelumnya, maka kamu bisa cek di safe mode windows. biasanya di desktop sudah ada. tapi jika belum terpasang, silahkan pasang dulu antivirusnya menggunakan flashdisk. jika sudah yakin tidak ada virus. coba lagi laptopmu. apabila masih hang dan loading masih berat, berarti masalah selanjutnya adalah system windows error.

Biasanya kalau system windows error, laptop tidak bisa masuk ke safe mode windows. jadi untuk memperbaikinya, kita harus memiliki CD DVD windows untuk repair system hilang. atau kamu bisa gunakan HBCD, disitu sudah disediakan fitur repair windows seperti hilang Hal.DLL dan juga bisa memperbaiki start windows error. apabila menggunakan cara diatas masih belum bisa memperbaiki. maka kita lanjutkan ke Harddisk laptop error.

Loading pada laptop sangat berat juga terjadi jika harddisk laptop error. jadi agar bisa diperbaiki, kita perlu menginstall ulang harddisk menggunakan CD DVD windows yg kita miliki. silahkan dicoba.
sedangkan untuk RAM laptop yg rusak, cara memperbaikinya adalah dengan membersihkan pelat besi berwarna kuning yg disebut sebagai kaki RAM. kamu bisa gunakan penghapus pensil untuk membersihkannya. jika cara ini belum bisa memperbaiki RAM laptop tersebut. gunakan RAM cadangan untuk melihat hasil apakah laptop tersebut sudah normal atau belum. begitulah cara memperbaiki laptop yg hang serta mengalami loading berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...