Rabu, 27 Mei 2015

Laptop Hang Loading Berat Bagian 2

Beberapa cara sudah kita lakukan sebelumnya untuk memperbaiki laptop Hang atau mengalami masalah Loading yg berat. dan hari ini kita akan melanjutkan cara memperbaiki masalah tersebut. dulu kita sudah mencoba memperbaiki RAM dengan penghapus pensil. maka pada hari ini, kita akan mencoba memperbaiki system windows hilang dan harddisk. sebelumnya kamu siapkan satu bahan yaitu Hirens Boot CD (HBCD) yg bisa kamu dapatkan di situs resminya dan sudah siap dalam bentuk CD DVD. setelah semua bahan siap. mari kita mulai cara memperbaikinya.

Baca juga Laptop hang loading berat bagian 1.

Jika kamu menggunakan komputer, maka insert CD/DVD HBCD yg sudah disiapkan sebelumnya. lalu restart komputer atau laptopmu, setelah itu setting BIOS agar bisa membaca Boot CD/DVD pertama kali. hal ini dilakukan agar HBCD berfungsi. setelah itu, restart lagi komputer atau laptopmu. dan pastikan setelah tampilan pertama pada laptop atau komputer yg muncul adalah menu HBCD seperti : "Fix missing HAL.dll", dan sebagainya. untuk laptop yg tidak memiliki hardware cd/dvd, maka kamu bisa menggunakan hardware cd/dvd eksternal atau flashdisk. lalu perbaiki dengan beberapa fitur yg ada. saran saya, gunakan fitur format disk untuk kerusakan ringan, "Mbr fix" dan disk partition untuk memperbaiki harddisk bad sector.

Apabila cara diatas belum berhasil mengatasi kerusakan laptop yg hang, kita lanjutkan dengan cara format ulang harddisk. sebelumnya backup data karena kita akan menghapus seluruh data yg ada di harddisk laptop tersebut. apabila kamu telah berhasil dan laptop kembali normal, maka selesai sudah tutorial cara memperbaiki laptop hang loading berat ini, tapi jika masih rusak, lanjutkan dengan cara melepaskan komponen harddisk dari laptop dan sambungkan ke komputer menggunakan kabel yg ada ( SATA atau IDE ). dari komputer kita bisa melihat drive baru yg berarti harddisk masih bisa di baca. lalu kemudian backuplah data tersebut jika bisa. jika tidak muncul, cobalah untuk menggunakan HBCD seperti yg telah saya jelaskan sebelumnya. setelah itu, backup kerusakan harddisk. lalu format ulang seluruh data harddisk. dan biasanya tidak akan ada kendala saat memperbaikinya di komputer. setelah itu, uji kembali ke laptop atau komputer kamu.

Cara lainnya, kita bisa menggunakan laptop yg lain dan menghapus seluruh data pada harddisk rusak tersebut dengan cara format ulang. setelah itu kembalikan harddisk tersebut ke laptop yg hang sebelumnya. untuk driver biasanya tidak akan berfungsi jika dipasang ke laptop yg rusak tersebut jadi akan mengakibatkan restart. tapi ada juga langsung normal. apabila driver tidak mendukung dan laptop restart, kita format ulang lagi harddisk tersebut. total 2 kali format ulang. dari laptop lain lalu kemudian ke laptop semula. dan saya rasa cara ini akan bisa memperbaiki laptop hang tersebut. karena admin sendiri pernah mengalaminya serta sudah di uji.

itulah beberapa cara yg admin blog ilmukomputer gunakan untuk memperbaiki harddisk serta penggunaan Hirens boot CD alias HBCD agar bisa memaksimalkan pekerjaan dalam memperbaiki komputer atau laptop yg rusak hang karena penyebab dari RAM atau harddisk dan system windows yg error, dan mohon maaf apabila ada yg saya lupa untuk menuliskannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...