Jumat, 05 Juni 2015

Komputer Tidak Bisa Di Format Atau Install Ulang Windows

Sebuah komputer yg tidak bisa di format ulang karena ada masalah pada harddisk. awal kerusakan yg dimiliki oleh pengguna adalah komputer selalu menampilkan pesan error seperti "Missing HAL.dll". dan admin blog ilmu komputer tahu kerusakan itu biasanya ada pada harddisk dan untuk bisa memperbaikinya, kita bisa lakukan format ulang atau lakukan instalasi windows. dengan cara tersebut, kita sudah bisa mengatasi masalah ini. penyebabnya karena harddisk kehilangan beberapa data system windows yaitu "Hal.dll". maka dari itu muncullah pesan tersebut yg mengatakan "Missing Hal.dll". namun pembahasan kita kali ini bukanlah itu, jadi tentang error "Missing Hal.dll" akan kita bahas nanti di tulisan saya yg lain. karena masalah kita yg satu ini adalah tentang harddisk komputer atau laptop yg tidak bisa di format atau install ulang dengan file instalasi windows.

Lanjut pembahasan, memang waktu itu kerusakan komputer pengguna tersebut adalah "Missing Hal.dll", dan untuk memastikan lagi, pertama admin coba untuk memasuki fitur "safe mode windows" dengan menekan tombol F8 tepat setelah menu awal muncul ( bertepatan setelah komputer dinyalakan ) dan hasilnya gagal. kedua admin coba untuk cek BIOS karena barangkali ada setting yg berubah. bisa saja karena baterai CMOS habis dan akhirnya setting default BIOS telah berubah. dan kali ini hasilnya juga gagal. kemudian jalan terakhir, admin coba untuk format ulang. disini admin temukan beberapa masalah. dan tentu saja komputerpun tidak bisa di format ulang.

Ada beberapa yg memungkinkan kita tidak bisa format ulang komputer. jika kamu menggunakan flashdisk, pindahkan ke slot USB lain dan coba lagi jika tampilan berhenti di loading. biarkan loading beberapa menit untuk deteksi flashdisk di slot USB baru. kalau waktu itu saya tunggu beberapa jam. dan hasilnya berhasil. tapi jika masih gagal. restart komputer dan mulai lagi dari slot USB yg lain. cara kedua adalah cek RAM, kegagalan pada RAM bisa mengakibatkan format ulang gagal. jadi pastikan RAM normal. cara ketiga adalah menggunakan cd/dvd windows, jika tidak ada, coba dengan cd dvd eksternal (USB). dan jika semuanya gagal memperbaiki komputer tersebut, maka kita lanjutkan dengan cek harddisk. pastikan harddisk terdeteksi dengan baik. lepas kabel yg menyambung ke motherboard serta harddisk, lalu pasang kembali.

Cara terakhir, uji harddisk tersebut ke komputer yg lain, jika sudah berhasil format ulang di komputer lain, kembalikan harddisk ke komputer asal. dan lihat jika ada error atau windows restart karena driver yg terpasang tidak cocok. gunakan fitur "safe mode windows" untuk melepas driver yg tidak pas agar komputer bisa kembali normal. atau gunakan Hirens boot CD alias HBCD. tapi jika masih gagal format ulang baik itu di komputer awal atau komputer yg lain. maka kita harus mengganti harddisk tersebut dengan yang baru.

Cara ini sebenarnya juga berlaku untuk laptop. tapi akan lebih baik jika panduan ini admin bagi menjadi 2  bagian dalam tulisan agar kalian para pembaca setia blog ilmu komputer terbaru tidak bingung dan bisa memahami tulisan admin sesuai kategori hardware masing-masing. cara ini sudah admin terapkan beberapa kali dan berhasil di perbaikan RAM. yg paling sering membuat gagal instalasi ulang adalah RAM. itulah salah satu penyebab komputer tidak bisa di format dan tampilan loading windows berhenti namun gambar loading masih berputar. jadi pastikan komponen RAM ini baik sebelum kita mengganti harddisk dengan yg baru.

Dan kamu juga bisa cek processor. karena kipas processor juga bisa bermasalah. jadi bersihkan dan coba dengan cadangan kipas processor. walaupun kipas berputar dan terlihat normal. hal ini bisa jadi penyebab juga dikarenakan posisi tidak tepat. jadi tidak ada salahnya kita menguji kipas dengan cadangan kipas prosesor yg kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...