Selasa, 21 Januari 2020

Laptop Menyala Sebentar Kemudian Mati

Masalah kita kali ini adalah laptop dengan kerusakan yg membingungkan, salah satu kerusakannya adalah laptop yg hanya menyala sebentar lalu kemudian mati. indikator led saat menyala normal, namun hanya beberapa detik, laptop pun mati atau restart kembali. penyebabnya ada beberapa dan kita akan bahas disini sekaligus cara memperbaikinya. jika kamu bertanya pengalaman saya. maka kerusakan yg saya dapatkan waktu itu sama yaitu laptop saya menyala sebentar kemudian mati lagi. dan power led pada laptop hanya sempat berkedip sebentar. kadang power led sempat menyala selama beberapa detik. tapi kemudian mati lagi. dan solusi yg saya lakukan waktu itu adalah menguji nya dengan processor yg lain. dan hasilnya pun baik. kemudian saya coba perbaiki processor nya dan mendapatkan hasil yg bagus. semua kembali normal lagi. baiklah, sekarang saya akan jelaskan beberapa penyebab laptop menyala sebentar kemudian mati lagi dengan indikator led power menyala sebentar kemudian mati lagi atau bertahan selama beberapa detik.

Laptop menyala sesaat lalu kemudian mati lagi, restart sendiri sebelum logo laptop atau led power hanya berkedip satu kali dikarenakan processor yg bermasalah. selain itu, ada juga kerusakan lainnya seperti short pada komponen laptop, RAM bermasalah, Hdd short. dan fan processor yg mati. untuk masalah fan processor kita ganti dengan FAN processor yg lain. Jika masalah masih ada dan FAN tetap mati, maka bisa dipastikan IC FAN short. untuk memperbaiki IC FAN Processor akan kita bahas nanti. RAM laptop yg bermasalah juga bisa menyebabkan laptop menyala sebentar lalu mati lagi. kadang juga bisa menyebabkan laptop restart terus menerus. begitu juga dengan HDD laptop yg biasanya di iringi restart saat logo windows muncul. yg sering di alami oleh saya adalah processor yg bermasalah untuk kasus ini.

Untuk memastikan kerusakan processor, kita pasang processor yg lain dan masih bagus. seperti yg saya katakan sebelumnya, cara ini juga berlaku untuk komputer yg mengalami masalah yg sama. mungkin akan saya tuliskan saja nanti di post lain tentang komputer.

Jika sudah bisa dipastikan yg bermasalah adalah processor, maka untuk memperbaikinya, kita bersihkan processor tersebut. gunakan penghapus pensil pada pin processor (bukan processor tipe jarum). untuk processor tipe jarum (biasanya tipe lama), pastikan jarum tidak ada yg bengkok atau tidak sesuai urutan. kemudian bersihkan juga bagian atas processor dengan tisu. disini saya sendiri mengalami kerusakan tersebut, penyebabnya pasta pendingin di atas processor menyebar dan keluar dari plat sehingga menyebabkan short ringan pada processor. saat membersihkan, jangan bersihkan pasta pendinginnya, cukup membersihkan bagian luar saja, biasanya di atas processor ada plat besi berbentuk kotak, jadi cukup bersihkan di luar dari plat besi tersebut. dan pastikan pasta pendingin masih bagus. jika tidak, tambahkan pasta pendingin lagi.

Processor saya sendiri memiliki 2 plat besi (duo atau multi core) dan mendapat kerusakan short ringan di kedua plat masing-masing. penyebabnya karena pasta pendingin. dan hal tersebut menyebabkan short ringan pada processor. setelah saya bersihkan. hasilnya laptop pun kembali normal. kerusakan lainnya ada pada kapasitor atau mosfet laptop. dan akan kita bahas di posting saya yg lain. saya harap informasi ini bisa diterapkan kepada kalian yg mengalami kerusakan laptop menyala sebentar kemudian mati atau restart lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...