Rabu, 11 Maret 2020

Epson T11 Katridge Tidak Terdeteksi Error Incompatible

Ketika tinta katridge habis, penggantian katridge baru pun dimulai. tapi setelah diganti, masalah pun muncul. yaps, pada printer epson T11 terjadi sebuah masalah, yaitu katridge error incompatible atau tidak terdeteksi. ketika di cek menggunakan resetter epson. tertulis pesan bahwa ink out. dan yg ada dalam pikiran kita sekarang adalah tentang bagaimana mengatasi masalah yg terjadi ini. dan sebagian pasti ingin membawa permasalahan ini kepada service center atau tukang servis sederhana seperti admin blog ilmu komputer ini. hehehe...

Yah banyak yg bilang bahwa biasanya kerusakan epson t11 tersebut ada pada kabel carriage head epson. ok, admin sendiri mencoba memperbaiki kabel tersebut dengan memotong kabel dan membuat koneksi baru antar mainboard printer dengan head carriage epson t11 tersebut. namun hasilnya tetap error. kemudian admin juga coba mengganti head carriage epson t11 dengan yg baru, dan hasilnya printer pun bisa digunakan kembali. tapi ya hanya untuk sementara. karena apabila tinta telah habis dan katridge diganti lagi. masalah bisa kembali kapan saja. dan bahkan tidak bisa sama sekali meski diganti dengan head carriage epson yg baru.

Kemudian ada juga yg bilang bahwa fuse epson rusak terputus. tapi bagi admin sendiri, jika fuse yg ada pada mainboard rusak, maka printer epson pun akan mati total. sedikit berbeda jika hanya short atau listrik yg mengalir tidak sesuai dengan voltage yg diperlukan. mungkin ada benarnya. untuk memastikan, admin pun mencoba mengganti fuse tersebut. dan hasilnya tetap sama, yaitu error masih terjadi. jadi kepastian ada pada pendeteksi printer tersebut.

Selanjutna admin juga coba cara lainnya, yaitu dengan mengganti connector pendeteksi catridge yg terletak di head carriage printer. tapi hasilnya tetap sama. error. pernah juga admin coba ganti pin pendeteksi yg ada di catridge, tapi tidak memberikan hasil yg bagus.

Oh iya, bagi yg tidak tahu tentang head carriage epson itu, bahasa sederhananya adalah rumah katridge yg ada di bagian bawah katridge, disebut head. dan keseluruhan yg ada pada head itu disebut head carriage atau rumah catridge. yah kalau tidak salah ingat sih. hehehe...

Kembali ke topik. sudah dua cara yg kita lakukan untuk mengatasi masalah error catridge incompatible, tapi hasilnya tetap error. jadi jalan terakhir yg bisa kita lakukan adalah menggunakan resetter khusus yg biasa di sebut, catridge ciss. resetter ini bukan berbentuk software, melainkan hardware. dan menyatu langsung dengan katridge printer. dengan menekan tombol yg ada pada katridge tersebut. maka keseluruhan katridge akan di reset. dan printer pun kembali normal. untuk epson T11 kemarin, admin beli hanya sekitar 100 ribuan saja. tapi hasilnya kita tidak perlu lelah mengganti katridge lagi. cukup di isi ulang dengan tinta dan tekan tombol reset, maka printer pun siap digunakan kembali. dan yah admin tidak menjual yah, jadi silahkan saja cari di toko printer terdekat untuk membeli katridge ciss tersebut.

Bagi yg belum bisa membeli, mungkin masih bisa menggunakan dua cara yg admin lakukan sebelumnya. selain itu, cara yg satu ini mungkin juga bisa. yaitu dengan melepas keseluruhan katridge yg ada pada epson t11. kemudian letakkan satu per satu ke dalam katridge. pertama, letakkan satu katridge, kemudian jalankan printer ke dalam mode normal. nanti akan muncul pesan bahwa katridge tidak terdeteksi dan kita diharuskan melakukan replace katridge baru. klik menu replace. kemudian pasang lagi 1 katridge. ulangi sampai keseluruhan katridge terpasang. cara ini pernah admin gunakan sebelumnya dan perkiraan baiknya sekitar 50%. jadi tidak ada salahnya mencoba ok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...