Senin, 16 Maret 2020

Tulisan atau hasil print cetak bergaris epson l220

Baiklah, masalah kita kali ini adalah printer epson dengan tipe L220. kondisi ketika printer diuji adalah cetak tulisan yg terputus, atau bisa dibilang tulisan yg muncul saat di cetak hilang bergaris. disini ada 4 kemungkinan yg bisa menyebabkan hasil cetak pada printer epson L220 tidak sempurna. dan yg paling sering kita temui biasanya adalah tinta printer yg mampet atau macet. tapi sebelum mendefenisikan ke masalah tersebut, ada baiknya kita cek lebih dahulu komponen yg lain.

Pertama, yg harus kita analisa terlebih dahulu adalah sensor atau timing disk printer yg letaknya ada di belakang head carriage printer atau disebut rumah katridge, biasanya ketika kotor terkena tinta, akan mengakibatkan tulisan pada hasil cetak printer bermasalah. kadang buram, kadang tidak tepat posisi hurufnya, kadang juga terputus. jadi cobalah bersihkan terlebih dahulu. gunakan tisu dan sedikit head cleaner, kemudian gosoklah secara perlahan untuk membersihkan komponen tersebut. jika ada tinta yg mengenai timing disk printer tersebut, maka setelah dibersihkan pasti akan membuat hasil cetak printer menjadi normal kembali.

Kedua, yg harus kita cek adalah kabel flexible yg menghubungkan head carriage dengan mainboard printer. walaupun terlihat baik, tapi sebenarnya kadang berkarat, atau slot sudah aus alias tidak pas lagi. masalah lainnya yg sering terjadi biasanya adalah plat besi atau disebut pin terputus.jadi coba perbaiki yg satu ini, potong pin kabel sedikit, lalu pasang lagi. perhatikan untuk tidak memotong seluruhnya , cukup sedikit dari pin yg ada. kalau semuanya, nanti kita harus buat lagi pin baru. dan pembuatannya sedikit rumit. kita juga perlu sedikit lem untuk memasang penahan berwarna biru yg ada di belakang pin.

Ketiga, fuse yg ada di mainboard printer. dulu rasanya sudah pernah admin bahas tentang satu ini. yah walaupun hanya 0.1% kemungkinan rusaknya. karena jika memang rusak, maka printer pasti akan mati total. dan juga kemungkinan yg admin maksud itu adalah adanya short pada fuse mainboard. yg mengakibatkan proses cetak menjadi tidak normal. jadi ukurlah dengan multitester dan pastikan fuse mainboard printer L220 baik-baik saja.

Terakhir yg keempat, semua sudah di cek. dan masalah tetap muncul, jadi kita bisa pastikan kerusakannya ada pada katridge printer itu sendiri. untuk itu, cobalah untuk menggunakan katridge yg lain dengan kondisi normal. Jika hasil cetak bagus dan normal. maka katridge kita yg bermasalah. tapi jika sama, maka masalah ada pada 3 kondisi yg telah admin blog ilmukomputer tuliskan di atas. untuk kerusakan head katridge, kita memerlukan beberapa bahan yaitu head cleaner, jarum suntik ( Untuk mengisi tinta dan head cleaner ), serta penghisap katridge yg biasa disebut ink suction tool ( optional ).

Isilah jarum suntik dengan head cleaner, kemudian balik posisi katridge ke atas sehingga posisi head katridge berada di atas. kemudian tuangkan head cleaner yg ada di jarum suntik tepat pada head katridge berada. tunggu beberapa detik. kemudian goyangkan katridge ke kiri dan kanan agar tinta yg menyumbat keluar dari katridge. jika tidak ada tinta yg keluar, tidak apa-apa. kemudian baliklah katridge ke posisi normal yaitu head berada di bawah. kemudian pasang katridge ke ink suction tool. pasanglah jarum suntik di ink suction tool tersebut. kemudian tarik jarum suntik secara perlahan agar tinta terhisap keluar dari katridge sambil berharap head yg ada pada katridge tidak macet lagi. setelah itu apabila tinta telah habis pada katridge, isi kembali. kemudian pasang ke dalam printer dan ujilah kembali hasil cetak pada printer.

Jika hasil cetak masih belum baik. ulangi lagi langkah yg telah dijelaskan sebelumnya oleh admin. sebagai saran dari admin blog ilmukomputerterbaru, setelah head cleaner atau pembersih tinta di tuang ke head katridge dan setelah menunggu beberapa detik kemudian katridge digoyangkan ke kiri dan kanan, balik posisi katridge ke normal yaitu dengan head berada di bawah. kemudian tiuplah katridge secara perlahan dari lubang katridge ( biasanya katridge sudah kita lubangi untuk mengisi tinta jika habis) menggunakan mulut sambil tangan memegang tisu dan mengusap head katridge agar tinta yg macet keluar dari katridge. yah itu berdasarkan dari pengalaman admin sendiri karena waktu itu admin blog ilmukomputerterbaru sendiri belum memiliki kelengkapan alat seperti ink suction tool. dan yah kadang sukses kadang tidak. jadi semoga saja kalian sukses dalam memperbaikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...