Rabu, 29 Januari 2020

Memperbaiki keyboard laptop yg sering tertekan sendiri

Selamat Malam Sobat blog ilmu komputer, pada posting kali ini, admin mau menjelaskan cara memperbaiki keyboard laptop yg sering tertekan sendiri. sebenarnya ada 3 penyebabnya. salah satunya adalah tidak berfungsinya tombol keyboard atau short jalur karena keyboard terkena air atau kopi, namun untuk penjelasan yg itu akan admin jelaskan pada artikel yg lain.
jadi yg akan admin jelaskan kali ini adalah 2 penyebab keyboard tertekan sendiri. kerusakan seperti ini sebenarnya pernah admin alami sendiri waktu itu. dan setelah keyboard di buka sampai komponennya, hasilnya keyboard pun normal kembali. baiklah, untuk mempersingkat waktu, kita mulai sekarang saja penjelasan kerusakannya.

1. Karena Virus
2. Keyboard berdebu, Berkarat.

Karena Virus
Sebelum memikirkan kerusakan keyboard akibat berdebu atau berkarat, ada baiknya kita cek virus dahulu. karena waktu itu saya pernah mengalami keyboard yg tertekan sendiri karena akibat virus. ketika itu saat admin sedang asyik download. setelah file di buka dan admin coba untuk install, tiba-tiba saja keyboard bergerak sendiri ( Tertekan sendiri ). semula admin mengira keyboard rusak karena debu masuk kedalam keyboard. karena waktu itu keyboard laptop admin berdebu.

Setelah dibuka, dan di bersihkan. error masih tetap terjadi. kemudian saya coba cek masuk ke "safe mode windows". hasilnya keyboard berhenti dan normal. disini admin sendiri mulai curiga, karena kerusakannya terjadi tepat setelah file yg di download dan coba di install oleh admin mulai mengakibatkan keyboard tertekan sendiri.

Saat di analisa, sebelum logo windows muncul, keyboard normal. setelah logo windows, virus bekerja untuk membuat keyboard laptop jadi tertekan sendiri. dan pada hasil akhir dari analisa, ternyata virus hasil dari download tadi telah masuk ke system dan mengacaukan hardware keyboard milik saya. jadi agar bisa normal kembali, dan juga pada kamera laptop menyala sendiri tanpa di aktifkan. jadi ini membuat admin lebih yakin lagi bahwa keyboard laptop rusak karena virus. jadi untuk solusinya, admin menggunakan antivirus yg bagus untuk menghapus virus yg menginfeksi laptop admin. namun saya admin sendiri terkadang suka jalan pintas, yaitu windows di format ulang ( cara paling ampuh untuk menghilangkan virus ).

Keyboard Berdebu, Berkarat.
Setelah kamu yakin bukan akibat terkena virus, pastikan tombol yg mana saja yg membuat keyboard tertekan sendiri. kemudian lepaskan keyboard laptop dari mainboard. gunakan kuas cat atau sejenisnya untuk membersihkan keyboard, jangan lupa tekan tombol keyboard secara bertahap dengan cepat dan berharap debu yg menyangkut bisa terlepas. Jika masih belum berhasil, gunakan blower uap atau hair dryer untuk membersihkan keyboard laptop dari debu. jika debu yg menempel di keyboard laptop itu sedikit. maka cara ini sudah bisa mengatasi masalah kerusakan keyboard tertekan sendiri.

Jika masalah masih ada, silahkan buka tombol keyboard yg tertekan tersebut dan gunakan penghapus pensil 2B, gosok dengan penghapus pensil secara perlahan hingga keluar lingkaran plat keyboard. biasanya ada tanda warna silver di berbentuk bulat di bawah tombol keyboard tersebut setelah kita buka. dan tanda tersebut disebut timah cair atau plat yg menghubungkan keyboard ke jalur utama saat ditekan sehingga menghasilkan huruf pada komputer.

Jika kurang dipahami, sederhananya adalah menggunakan penghapus pensil 2B secara menyilang, ini agar debu yg ada di dalam 2 lapisan keyboard tersebut terlepas dan ikut keluar saat kita menggosoknya tadi. setelah selesai, bersihkan dengan kuas atau balikkan keyboard laptopmu ke bawah agar sisa dari debu penghapus pensil tadi keluar.

Jika masih belum bisa juga. lepaskan seluruh tombol keyboard sehingga kita bisa mengangkat komponen yg ada di dalam keyboard laptop. kemudian buka 3 lapisan kertas. biasanya kertas masih melekat di bagian tertentu, jadi biarkan tetap melekat agar nanti saat dipasang kembali, keyboard tetap pada posisinya, kemudian gunakan penghapus pensil 2B di dalam lapisan kertas tersebut. kertas pertama dan terakhir. gosok secara perlahan pada bagian bulatan besi yang ada di 2 lapisan keyboard tadi. ini agar debu atau karat besi tersebut bisa dibersihkan.

Catatan : Berhati-hatilah saat membuka 2 lapisan keyboard tersebut, jangan sampai kertas tertekuk sehingga timah jalur besi keyboard terkelupas atau putus. karena bisa mengakibatkan keyboard jadi tidak berfungsi ( putus jalur ). jangan gunakan cutter atau benda lainnya untuk membuka sedikit ruang dari 2 lapisan keyboard tersebut untuk mengeluarkan debu atau membersihkan karat yang tersimpan di 2 lapisan keyboard tadi. karena saya dengar alternatif lainnya adalah membuka lapisan kertas menggunakan cutter. cara ini mungkin berguna, tapi jika mengenai jalur keyboard laptop, malah akan memperburuk kerusakan.

Jika ingin menggunakan cutter dalam memperbaiki keyboard laptop, harap berhati-hati, jangan sampai mengenai lingkaran plat atau jalur pada keyboard. seperti yg sudah saya jelaskan sebelumnya, ini bisa mengakibatkan keyboard menjadi tidak berfungsi. dan cara ini juga sebenarnya masih bisa digunakan namun sangat beresiko tinggi.

Untuk Mengatasi keyboard yang tidak berfungsi, silahkan baca post saya tentang Keyboard laptop tidak berfungsi

Demikian penjelasan admin kali ini. untuk keyboard yang tidak berfungsi akan admin jelaskan di lain hari.  semoga artikel ini bisa membantu kamu saat sedang bingung dikarenakan keyboardmu tertekan sendiri. salam sukses selalu admin blog ilmu komputer terbaru.

1 komentar:

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...