Sabtu, 04 April 2020

Asus x453M keyboard dan touchpad klik tidak berfungsi

Baiklah, bagi semua yg pernah mengalami kerusakan keyboard pada laptop merk Asus x453M dengan indikasi error keyboard tidak berfungsi dan juga pada bagian komponen touchpad click juga tidak berfungsi. maka semoga admin blog ilmukomputerterbaru bisa membantu memperbaiki masalah yg satu ini bersama-sama dengan kalian sesuai dengan pengalaman admin sendiri. sebelum kita mendefiniskan kerusakan komponen. ada baiknya kita cek terlebih dahulu apakah ada masalah pada system windows, atau ada virus. kemudian kita juga cek apakah ada driver touchpad maupun keyboard laptop error.

Pertama kita coba untuk melakukan restart laptop asus tersebut. kemudian coba lagi dengan menekan tombol yg tidak berfungsi tersebut. jika sudah tidak ada masalah, maka bisa dipastikan hanya kerusakan ringan pada system windows. coba juga untuk masuk pada system safe mode windows untuk memastikan bahwa tidak ada virus yg mengendalikan keyboard dan touchpad tersebut. karena virus tidak akan bisa berfungsi ketika laptop kita berada dalam safe mode windows.

Laptop Acer X453M kondisi normal tapi keyboard tidak berfungsi sebagian
Laptop Acer X453M kondisi normal tapi keyboard tidak berfungsi sebagian


Langkah selanjutnya adalah melakukan restore system windows. cara ini juga bisa membantu dalam memperbaiki masalah keyboard dan touchpad seperti yg sudah saya sebutkan sebelumnya. jika system yg error. maka cara ini bisa digunakan. cara merestore system windows secara lengkap mungkin akan admin tuliskan di lain waktu. karena rusaknya kali ini ternyata ada pada kabel flexible yg mengalami short ringan saja pada pengalaman admin sendiri.

Jika dirasa sudah yakin bahwa semuanya baik-baik saja namun keyboard dan touchpad masih error. maka kita bisa lanjutkan untuk melakukan cek pada komponen keyboard dan touchpad itu sendiri. pastikan tidak ada masalah debu. karena debu juga bisa mengakibatkan komponen keyboard short atau terhubung tanpa ditekan. dan hasilnya akan menyebabkan beberapa tombol pada keyboard tidak berfungsi dikarenakan salah satu tombol tertahan. untuk laptop tipe terbaru seperti Asus X453M sekarang mungkin agak rumit dalam perbaikannya. jadi kita bisa lakukan cek pada mainboard laptop tersebut untuk memastikan tidak ada debu daripada melepas langsung komponen keyboard dan touchpad kecuali jika memang diperlukan.

Setelah itu, kita cek keyboard yg ada pada laptop tersebut. berhati-hatilah dalam melepasnya, ada yg bilang jika keyboard tersebut harus terletak pada posisi yg tepat. jika tidak tepat maka akan menyebabkan laptop mati total atau memiliki masalah lain. jadi digunakanlah pengunci yg tidak bisa dibuka seperti biasa agar posisi tetap tepat. semacam plastik kunci. jika kita membukanya, otomatis pengunci plastik itu akan rusak. jadi untuk memasangnya kembali, kita bisa menggunakan lem plastik leleh atau dikenal dengan lem tembak dan juga ada yg menggunakan double tape dua arah.

Pengunci keyboard menggunakan plastik yg tidak mudah untuk dibuka
Pengunci keyboard menggunakan plastik yg tidak mudah untuk dibuka


kalau saran dari admin sih, sebelum membuka keyboard, kita coba saja dulu melepas kabel flexible yg ada di mainboard antara keyboard serta touchpad dari mesin laptop itu sendiri. kemudian bersihkan dengan penghapus pensil. setelah itu, pasang kembali dan uji kembali keyboard dan touchpad tersebut. biasanya sih jika masalah ringan, laptop pasti akan normal kembali.

Dari pengalaman admin sendiri saat memperbaik laptop Asus X453M baru2 ini ternyata ada masalah pada kabel flexible tersebut. yaitu jalurnya yg terputus, saat ditekan keyboard mau berfungsi kembali, dan ketika jari di lepas, keyboard kembali tidak berfungsi. yah untuk menanganinya, admin mencoba menggunakan isolasi atau double tape. tapi masih belum menyelesaikan masalah tersebut. pada akhirnya admin menggunakan solder untuk menyambung jalur yg terputus tersebut. meskipun sedikit memiliki resiko kabel rusak tapi yah harus di coba atau kalau ingin lebih simple kita ganti saja dengan keyboard laptop yg baru. he..

Posisi kabel flexible yg putus akibat lipatan di dalam laptop
Posisi kabel flexible yg putus akibat lipatan di dalam laptop


Dan hasilnya sekarang sudah baik. keyboard laptop dan touchpad laptoppun sekarang sudah berfungsi dengan normal. Masalah keyboard dan touchpad Asus X453M sudah teratasi.

Jika masih belum, barulah kita membuka plastik kunci yg ada di keyboard dan kasing laptop. mungkin jika admin blog ilmukomputerterbaru menemukan kerusakan bagian komponen keyboard atau touchpad click dan bukan karena kabel serta harus melepas plastik kunci, baru admin akan tuliskan lagi di pembahasan yg lain ok. tapi mungkin lebih baik ganti dengan keyboard yg baru saja kan. semoga bermanfaat sobat ilmukomputerterbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...