Jumat, 08 Agustus 2014

memperbaiki komputer yang rusak layar blank 2

Pada bahasan saya yang lalu tentang memperbaiki memory ram dan power supply yang mengakibatkan komputer blank tapi kipas prosesor masih menyala. dan jika kita sudah melakukan 2 hal tersebut tapi tidak berhasil juga, berarti kerusakan ada pada mainboard, atau vga onboard, coba kita test dengan driver vga card ( kalau ada pinjem punya temen yang sudah ada vga cardnya ) atau kalau mau, kita bisa beli di toko komputer terdekat. Bisa dikatakan vga onboard yang rusak. sebenarnya vga ini berguna juga. bukan cuma untuk memperbaiki layar blank, akan tetapi juga bisa untuk memainkan sebuah game seperti emulator ps 2 di pc (komputer). saran saya, belilah vga bermerek ndivia yang berukuran (kapasitas) 512 mb, itu kalau tidak salah kapasitas yang bagus buat kamu pecinta game.

Perhatian : Tulisan ini sudah lama sekali dan hanya berguna pada komputer tipe low End. hanya sebagian yg mungkin masih bisa diterapkan untuk komputer sekarang. untuk teknik perbaikan yg baru, kamu bisa baca 7 langkah dalam memperbaiki komputer yg menyala tapi layar gelap atau blank.

Ok. kembali ke pembahasan kita sebelumnya, memperbaiki komputer ,
sebelumnya, saya bikin teh dulu biar enak ngepostnya. hee..
lanjut..!!

Test dengan driver vga cardmu (milik teman). lalu lihat, apakah komputermu sudah tidak blank lagi, atau masih, bila masih blank, berarti permasalahannya bukan pada vga mu. melainkan yang terakhir adalah prosesor kamu.

Salah 1 elko komputer kamu rusak yang menyebabkan blank 
Oya, ada satu lagi selain prosesor, yaitu elko (elco) kamu. elko yang rusak ini ada di bagian dekat prosesor,system kerjanya elko ini adalah untuk memberikan sambungan penuh kepada prosessor kamu, biasanya ada 3 elko di dekat prosessor, dan kalau salah satunya rusak, maka inilah yang menyebabkan komputermu blank. terkadang elko atau kapasitor ini tidak ketahuan ciri-ciri rusaknya, ada juga yang ketahuan dengan dilihat dari kebocoran listrik sehingga elko tidak bisa tersambung lagi ke prosessor.

Elko atau kapasitornya biasanya menggembung, ada juga tidak bisa dilihat. ini yang paling susah, karena ini tingkat yang lebih tinggi dan mendalam. jadi untuk mengetahuinya, kamu harus menggunakan multitester analog atau digital jika kapasitor tidak terlihat menggembung. kamu diharuskan mengganti elko tersebut dengan cara melepasnya dengan solderan listrik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...