Senin, 11 Agustus 2014

Cara memperbaiki keyboard laptop yg tidak berfungsi

Kalian mungkin pernah  mengalami keyboard laptop yg saat tombolnya di tekan. terkadang semuanya tidak berfungsi, da ada juga hanya beberapa tombol yg berfungsi. yah sebenarnya ada beberapa penyebab saat tombol keyboard laptop kamu tidak berfungsi ketika ditekan, dan pada tulisan kali ini, akan saya coba jelaskan berdasarkan dari pengalaman admin saat mencoba memperbaikinya. tapi sebelumnya, pastikan dulu bahwa kerusakan keyboard ini bukan karena virus. karena jika laptop atau komputer terinfeksi virus, bisa juga menyebabkan keyboard menjadi error seperti tertekan sendiri dan bahkan sampai tidak berfungsi.

Jika sudah pasti, maka ada beberapa penyebab keyboard laptop atau komputer menjadi tidak berfungsi.

1. Debu pada tombol keyboard.
2. Jalur pada keyboard terputus atau terbakar.
3. Resistor, kondensator atau kapasitor keyboard rusak.

Debu pada Tombol Keyboard.
Sebelum Mendefenisikan jalur pada keyboard terputus atau terbakar, ada baiknya kita untuk menganalisa kerusakan dahulu, bisa saja keyboard terkena Debu atau karat serta pernah terkena air yg mengakibatkan keyboard tidak bisa di tekan ( seperti masalah yg dulu keyboard tertekan sendiri ). ada juga karena tombol yg lain tertekan sendiri tapi tidak terlihat di notepad atau word sehingga mengakibatkan tombol yg ingin kita tekan menjadi tidak berfungsi akibat masih aktifnya tombol lain yg tertekan sendiri.

jika benar hanya karena Debu yg melekat dan menumpuk di keyboard, baca tulisan saya yg sebelumnya Tentang Memperbaiki Keyboard laptop yg sering tertekan sendiri. dan disitu saya juga menjelaskan metode perbaikan apabila keyboard terkena air dan sebagainya. tapi untuk bahasan tentang keyboard laptop kena air. mungkin akan saya bahas secara detail lagi pada tulisan saya yg selanjutnya. karena admin rasa penjelasan admin yg sebelumnya masih kurang begitu jelas serta kurang dipahami. apabila terkena virus, kamu bisa baca tulisan saya tentang keyboard laptop rusak akibat virus. mari kita lanjutkan pembahasan ini.

Jalur Pada keyboard terputus atau terbakar.
Keyboard laptop tidak berfungsi akibat putusnya jalur, penyebab terjadinya putus jalur di akibatkan tekanan yg terlalu kuat pada keyboard, sehingga timah yg sudah usang pun terlepas dan menyebabkan jalur terputus. masalah lainnya keyboard laptop terkena terik matahari atau suhu ruangan terlalu panas sehingga mengakibatkan panas berlebih yg membuat jalur koneksi keyboard meleleh ( timah ) sehingga jalur pada keyboard terputus atau retak. short pada keyboard juga bisa terjadi, dan biasanya di jalur keyboard tersebut ada tanda warna kuning atau hitam (hangus) yg menandakan jalur pada keyboard laptop terbakar. dan ada juga rusak di bagian IC keyboard ( sangat jarang, biasanya saat ganti keyboard akan bermasalah sama ). berikut cara memperbaikinya dan mari berharap akan normal kembali.

Jika jalur keyboard terputus atau terbakar, bisa mengakibatkan keyboard tidak berfungsi saat di tekan, agar bisa berjalan kembali kita bisa menggunakan pensil 2B dan menulis ulang jalur strukturnya ( cobalah saat menggores pensil mengikuti alur jalur keyboard laptop, dan pastikan menggores di dekat tombol yang tidak berfungsi tersebut. kita juga bisa gunakan multitester untuk menguji jalur mana yg terputus. dan tentu saja kita harus membuka seluruh tombol keyboard laptop serta membuka 3 lapisan komponen yg ada di keyboard. dan pastikan jangan melepas perekat 3 lapisan keyboard tersebut untuk menghindari kesalahan posisi saat 3 lapisan di tutup kembali.

Setelah itu, kita coba apakah tombol tersebut sudah berfungsi atau belum, jika belum berfungsi, cobalah di gores agak jauh. bisa jadi putusnya ada di dekat jalur utama yaitu dekat kabel. agak susah memang tapi pernah berhasil saat saya coba memperbaikinya, pensil 2B mempunyai listrik yang disebut listrik statis dan itu artinya apabila di aliri listrik, maka listrik akan terhubung pada goresan pensil 2B.

Cara ini bisa kita coba pada keyboard kita yang tidak berfungsi. berharap jalur putus tadi mau mengalir kembali lewat tulisan pensil 2B kita tadi ( Berhati-hatilah saat menggores, jangan sampai ada jalur yang tidak kita inginkan terhubung ). Itulah cara mengatasi jalur yg putus. sebenarnya kita juga bisa menggunakan alat atau bahan yg lain seperti contoh timah cair.

Resistor, kondensator atau kapasitor pada keyboard rusak.
Cara ini adalah cara terakhir yg bisa kita gunakan jika setelah ganti dengan keyboard yg baru tapi kerusakan masih sama. maka ini jalan terakhir. Jika kita teliti saat membuka keyboard laptop kita, ada komponen kecil berupa batu tahanan yg disebut resistor atau kondensator yg terletak di dekat socket keyboard ( Sangat kecil di mainboard laptop ). yah sebenarnya saya sendiri tidak tahu apa sebutan dari komponen tersebut, sebut saja batu tahanan resistor atau kondensator. he...

Coba gunakan kaca pembesar untuk melihat komponen tersebut. atau kamu bisa gunakan multitester untuk menguji bagus atau tidaknya resistor dan kondensatornya. cek juga kapasitor, karena kapasitor juga bisa mengakibatkan masalah pada keyboard sehingga semua tombol jadi error atau tidak berfungsi sama sekali. kalau tidak ada yg rusak, kemungkinannya ada pada IC keyboard yg terletak di mainboard laptop. tapi dari pengalaman admin sendiri, yg sering admin temui kerusakannya adalah kapasitor ( elco ) berbentuk kotak, namanya kalau tidak salah adalah Capacitor SMD.

Untuk solusinya, kita cukup mengganti kapasitor tersebut dengan yg baru, kita bisa membeli komponen tersebut di toko elektronik khusus laptop dan komputer. atau kamu bisa mencari mainboard bekas. carilah komponen yg sama di mainboard bekas, kemudian pasang ke mainboard yg kamu perbaiki. untuk metode jumper, saya sendiri belum bisa menemukan jalur jumper nya. dan tentu cara ini sangat beresiko, jadi lebih baik kita ganti dengan komponen resistor, kondensator atau kapasitor serta IC keyboard yg baru.  untuk mengetahui kerusakannya, biasanya ada retak pada komponen atau hangus ( menandakan komponen terbakar ). gunakan kacamata pembesar agar bisa melihat kerusakannya. terkadang tidak terlihat, jadi kita harus uji dengan multitester untuk memastikan ada jalur yg terputus atau tidak pada masing-masing komponen.

Demikianlah cara memperbaiki keyboard laptop yg tidak berfungsi. untuk contoh gambar sendiri saya belum bisa berikan karena belum sempat menggunakan kamera saat memperbaiki. sampai disini dulu tutorial dari saya. Salam Sukses selalu, Admin blog Ilmu komputer terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar anda...
Komentar Tentang promosi atau spam tidak akan ditampilkan dan hanya sebagian yg akan tampil...